Sabtu, 13 Oktober 2012

ANABOLISME , ANEMOKORI ,dan ANEMI

Anabolisme

     (Gk. ana = menyusun; bole = pertukaran, menambah) Suatu proses penyusunan zat kimiawi di dalam organisme hidup yang melibatkan pembentukan molekul kompleks dari molekul sederhana, dan memerlukan energi. Contohnya: fotosintesis merupakan asimilasi-C, yang menggabungkan karbondioksida (CO2) dengan air dengan bantuan sinar matahari untuk membentuk senyawa karbon (karbohidrat).
     Sinonimnya adalah asimilasi, seperti asimilasi-N, asimilasi-S, dan lain-lain. Lawannya adalah katabolisme, seperti respirasi dan fermentasi (peragian)


Anemokori (Anemochory)

      (Gk. anemos = angin ; cborein = menyebar) Suatu penyebaran alat perkembangbiakan pada tumbuhan yang yang dibantu oleh angin. Alat perkembangbiakan ini memiliki alat terbang berupa sayap pada tumbuhan yang dibantu oleh angin. Alat perkembangbiakan ini memiliki alat terbang berupa sayap pada buahnya (Dipterocarpus), biji berserabut bulu (pada kapok/ Ceiba pentandra), biji bersayap (pada Agatbis damara, Pinus , dan maboni), dan buah rambut bulu (pada tempuyung/ Sonchus oleracea).


Anemi (Anemia)

       Suatu penyakit kekurangan darah akibat kekurangan vitamin B12, zat besi (Fe) atau gangguan parasit yang menyerang tubuhnya. Parasit-parasit yang dapat menyebabkan anemi adalah Plasmodium (penyebab malaria), cacing parasit (cacing tambang, cacing perut, cacing pita).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar