Sabtu, 13 Oktober 2012

ANTIBODI (ANTIBODY, ZAT ANTI) , ANTIDIURETIK (ANTIDIURETIC) , APTERYGOTA , dan ARTHROPODA

Antibodi (Antibody, zat anti)

         (Gk. Anti= melawan; bodiq= tubuh) Suatu zatyang dibentuk oleh tubuh yang berasal dari protein darah jenis gama-globulin yang diubahnya untuk melawan zat antigen (zat asing) yang masuk ke dalam tubuh. Berbagai jenis antibodi memiliki sifat sebagai berikut:
  • Opsonin adalah antibodi yang bersifat merangsang serangan leukosit terhadap antigen atau kuman ;
  • Lisin adalah antibodi yang bersifat menghancurkan antigen atau kuman ;
  • Presipitin adalah antibodi yang bersifat mengendapkan antigen atau kuman ;
  • Aglutinin adalah antibodi yang bersifat menggumpalkan antigen, aglutinogen, atau kuman.


Antidiuretik (Antidiuretic)

            Suatu zat (kalsium oksalat) yang dapat menghancurkan batu ginjal, atau bersifat menekan pembentukan air seni (urine). Tumbuhan yang mengandung zat yang bersifat demikian (kalsium oksalat) dapat digunakan sebagai obat sakit ginjal, seperti tumbuhan kumis kucing (Orthosiphon), paku ekor kuda (Equisetum), alpukat (Persea americana).

Apterygota

          (Gk. A= tanpa; Pterygion = sayap kecil) Suatu anak kelas dari Insekta yang dianggap primitif, karena tidak memiliki sayap atau tidak mengalami metamorfosis (ametabola) dan memiliki abdomen (perut) yang dilengkapi dengan alat tambahan pada yang dewasanya.
           Nama lainnya: Ametabola, atau Apterygotus.

Arthropoda

          (Gk. Artbron = persambungan, sendi; Pous = kaki) Suatu filum hewan tidak bertulang belakang yang memiliki kaki berbuku-buku atau bersendi-sendi dan terdapat rangka luar dari kitin, mencakup kelas Insekta (Hexapoda), Myriopoda, Crustacea (Decapoda), dan Arachnoidea (Octopoda).
           Arthropoda memiliki kaki renang atau kaki gayung, dan adapula yang memiliki kaki jalan . Umumnya hidup di air, tetapi ada pula yang hidup di darat. Kaki jalan ada 10 buah (deca) tubuhnya dilindungi oleh rangka luar yang tebal melekat pada dagingnya (crusta) . Tubuhnya terbagi atas dua bagian, kepala-dada bersatu dan perut . Contohnya : Crustacea/Decapoda.
            Ada juga arthropoda yang hanya bergerak dengan kaki jalan, karena tidak memiliki kaki dayung. Umumnya hidup di darat, kecuali beberapa larva serangga . Ada yang kaki jalan hanya sedikit yaitu kaki jalan ada 8 buah (okto) ciri-ciri tubuhnya ada dua bagian kepala-dada bersatu dengan perut. Contohnya : Arachnoidea/Octopoda. Kaki jalan 6 buah (hexa) umumnya pada tubuh ada tiga bagian kepala, dada dan perut. Contohnya : Insecta/Hexapoda. Adapun kaki jalan berjumlah banyak (myrio), lebih dari 5 pasang. Pada tubuh ada dua bagian kepala dan dada-perut bersatu berbuku-buku atau biasa disebut Myriopoda . Myriopoda terbagi lagi menjadi kaki jalan ada 1 pasang tiap ruas tubuh. Sepasang kaki depan berubah menjadi gigi beracun (chilos). Yaitu : Chilopoda. Dan myriopoda dengan kaki jalan ada 2 pasang tiap ruas tubuh contohnya : Diplopoda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar