Sabtu, 13 Oktober 2012

ANGIOSPERMAE , ANTHOCEROTAE / ANTHOCEROPSIDA , ANTHOZOA , dan ANTIBIOTIK (ANTIBIOTIC)

Angiospermae

   (Gk. Angios = tertutup ; Sperma = biji). Golongan tumbuhan yang menghasilkan biji dengan keadaan terlindungi oleh karpel (daun buahnya) dan sistem pembuahannya ganda, serta memiliki alat perkawinan berupa bunga sehingga disebut juga Anthophyta (Gk. Antbos = bunga; Pbyta = tumbuhan). Contohnya: mangga (Mangifera indica), tomat (Lycopersicum esculentum, nama lainnya Solanum lycopersicum), jeruk keprok (Citrus nobilis), dan lain-lain. Nama lainnya Magnoliopbyta, dan lawannya adalah Gymnospermae (Pinopbyta).


Anthocerotae / Anthoceropsida

     (Gk. Antboceros = nama genus/marga, lumut tanduk, lumut yang sporofitnya serupa tanduk) Suatu alternatif kelas dari klasifikasi lumut hati selain kelas Hepaticae, yang gametofitnya serupa thallus dengan memiliki hanya satu kloroplas tiap sel tubuhnya dan bentuk arkegoniofor maupun sporofitnya serupa tanduk, yang dikenal dengan sebutan lumut tanduk.


Anthozoa

     (Gk. Antbos = bunga; Zoon = hewan) Suatu kelas dari filum Coelenterata yang memiliki fase dominan berupa polyp dan biasanya tidak memiliki fase mendusa (fase yang hidup melayang-layang di air), mencakup golongan anemon laut dan binatang karang yang hidupnya menempel pada batuan kerang di pantai laut.


Antibiotik (Antibiotic)

     (Gk. Anti = melawan, biotikos= hidup) suatu istilah yang pertama kali dipakai oleh Waksman (1924) yang mengandung arti suatu zat yang bersifat menghambat atau menghancurkan, atau membunuh kehidupan organisme lain. Antibiotik dihasilkan oleh mikroorganisme (golongan bakteri dan jamur), yang dalam konsentrasi rendah dapat menghambat atau membunuh mikroorganisme lainnya. Misalnya:
  • pensilin yang dihasilkan oleh jamur Penicillium notatum dapat menghambat atau membunuh berbagai mikroorganisme grampositif;
  • streptomisin dihasilkan oleh bakteri Streptomyces griceus dapat melawan bakteri Mycobacterium tuberculosis;
  • khloramfenikol dihasilkan oleh bakteri Streptomyces venezuelae untuk melawan bakteri Salmonella typbosa;

Tidak ada komentar:

Posting Komentar